Cara mendirikan UD di Surabaya - Kategori berbagai badan usaha di Indonesia cukup beragam dan membuat banyak orang yang akan membangun usahanya menjadi badan usaha sedikit kebingungan. Kebingungan ini biasanya berkaitan dengan jenis badan usaha apa yang sebaiknya didirikannya sesuai dengan usaha/ bisnis yang dimilikinya.

Sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat mendengar istilah CV, PT, dan UD. Namun tahukah masyarakat apa perbedaan dari masing-masing badan usaha ini? Lalu yang manakah yang harus dipilih oleh masyarakat jika ingin membangun badan usaha dari usaha miliknya?

Hal ini juga dialami oleh masyarakat di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan Kediri. Masyarakat di sana khususnya lebih tertarik dengan informasi mengenai cara mendirikan UD Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kediri, dan berbagai daerah lainnya di Jawa Timur.

Mengapa mereka lebih tertarik dengan pendirian UD? Apa yang membedakan UD dari badan usaha lainnya? Inilah yang sebelumnya perlu anda pahami, sebelum melanjutkan pembahasan mengenai cara mendirikan UD itu sendiri.

Jika anda belum pernah mendengar informasi mengenai UD dan perbedaannya dengan badan usaha lainnya, maka silahkan terus simak penjelasannya di bawah ini. Setelah cukup jelas mengenai apa itu UD dan bagaimana cara mendirikannya, maka di akhir pembahasan ini diharapkan anda sudah tahu akan mendirikan badan usaha seperti apa.


Apa itu UD dan Bagaimana Perbedaannya dengan Badan Usaha Lain?

UD adalah singkatan dari Usaha Dagang yang menjadi salah satu jenis badan usaha yang paling banyak diminati juga akhir-akhir ini. Tentunya karena dibedakan dari CV dan PT, ada hal yang membedakan pendirian dari UD ini juga.

UD menjadi jenis badan usaha yang tidak mensyaratkan minimal dua orang pendiri atau pemegang saham. Jadi walau hanya satu orang pun, bisa didirikan badan usaha UD sebagai badan resmi usaha dagangnya.

Hal ini sangat cocok tentunya untuk jenis usaha kecil menengah, yang baru berkembang dan memang biasa hanya didirikan oleh satu orang saja.

Biasanya jenis usaha dengan satu orang pendiri atau pemegang saham ini akan sering mengalami kebingungan. Kebingungannya akan berkaitan dengan bagaimana jika hanya memiliki satu pendiri namun ingin mendirikan CV?

Nah dengan informasi terkait cara mendirikan UD ini, bagi berbagai pengusaha kecil menengah di daerah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kediri, dan lainnya bisa segera mencoba cara mendirikan UD saja. Cara mendirikan UD Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kediri tidak membutuhkan dua orang pendiri atau pemegang saham.

Tidak hanya itu saja yang membedakan UD dengan badan usaha lainnya. Perbedaan berikutnya berkaitan dengan kepemilikan kekayaan perusahaan. Sebagai pendiri UD anda adalah juga pemiliknya. Seluruh kekayaan yang dimiliki oleh UD adalah juga kekayaan milik pendirinya.

Hal ini sudah diatur dengan jelas bahwa UD dan pemiliknya tidak bisa dipisahkan kekayaannya. Bukan hanya kekayaan perusahaan saja yang tidak bisa dipisahkan, tanggung jawab pemilik dan UD yang berjalan pun satu sama lain tidak bisa dipisahkan.

Berlanjut ke informasi berikutnya mengenai apa lagi perbedaan dari UD dan badan usaha lainnya akan berkaitan dengan proses pendiriannya. Cara mendirikan UD tidak mensyaratkan modal dasar minimum. Jadi berapapun modal dasar minimum usaha anda tidak akan dikategorikan terlalu kecil untuk dijadikan sebuah UD.

Ini tentu saja perbedaan yang paling mendasar, mengingat dalam pendirian PT misalnya, diatur bahwa modal dasar minimumnya adalah 50 juta rupiah. Jadi bagi para usaha kecil menengah khususnya di daerah Jawa Timur, cara mendirikan UD Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kediri, dan daerah lainnya menjadi direkoemendasikan karena mudah dan tanpa syarat yang menyulitkan.

Sudah memahami secara umum apa itu UD dan bagaimana perbedaannya dengan badan usaha lain? Kini waktunya anda mempelajari mengenai cara mendirikan UD itu. Seperti dijelaskan sebelumnya, berbagai jenis usaha di Jawa Timur, khususnya di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan Kediri ini banyak yang tertarik mendirikan UD dari usaha yang dimilikinya. Namun karena keterbatasan waktu dan informasi, pendirian UD mungkin tidak juga terwujud.

Berikutnya akan dijelaskan bagaimana proses mendirikan UD Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kediri, dan lainnya. Cobalah anda pahami prosesnya terlebih dahulu. Jika anda membutuhkan bantuan jasa pengurusan, silahkan gunakan penawaran dari jasaberkah.com yang akan sangat memudahkan anda.


Cara Mendirikan UD Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kediri, dan Berbagai Daerah Lain

Setelah memahami mengenai UD secara lengkap, kini anda akan memasuki pembahasan mengenai cara mendirikan UD itu sendiri. Namun pembahasan akan lebih berfokus pada cara mendirikan UD Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kediri.

Jika anda ingin mendirikan UD di beberapa daerah tersebut, maka inilah saat yang tepat untuk memahaminya dengan menyeluruh terlebih dahulu sebelum memulai prosesnya. Sudah penasaran apa saja langkah-langkah mendirikan UD? Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

1. Proses Pembuatan Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP), Namun Hingga ke Kecamatan

Berbagai sumber tata cara pendirian UD menuliskan bahwa mendirikan UD tidak perlu melibatkan notaris. Jadi langkah pertama pendirian UD yang akan dibahas kali ini, tidak akan melibatkan tahapan di notaris karena UD bukanlah badan hukum.

UD hanya sebuah badan usaha jadi tidak perlu melakukan pengurusan di notaris dengan biaya yang cukup besar.

Anda bisa memulai cara mendirikan UD dengan membuat Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) saja. Jika sebelumnya anda sudah mengetahui SKDP, tentu anda sudah memahami bahwa proses pembuatannya akan dilakukan di kantor kelurahan. Namun untuk SKDP badan usaha UD, SKDP perlu diurus hingga ke tingkat kecamatan.

Hal-hal yang akan dikonfirmasi pada tahapan pendirian CV yang pertama ini tentu akan berkaitan dengan domisili UD anda nantinya. Beberapa daerah akan meminta alamat UD secara lengkap, bahkan hingga ke berkas-berkas yang membuktikan legalitas kepemilikan bangunan yang dijadikan alamat UD ini. Namun tenang saja, karena dengan kelengkapan berkas yang baik, SKDP akan bisa diterbitkan.

Jadi awali dengan proses pembuatannya di tingkat kelurahan terlebih dahulu. Hasil yang sudah didapatkan di kelurahan yang dijadikan berkas pengajuan untuk ditingkat kecamatan. Jadi setelahnya akan diterbitkan SKDP CV anda oleh kantor Kecamatan setempat dan secara resmi kini UD anda sudah memiliki dokumen legalitas terkait statusnya sebagai UD.

Informasi yang didapatkan mengenai biaya pembuatan SKDP ini adalah gratis. Namun tentu akan membutuhkan waktu luang yang besar. Anda harus meluangkan waktu untuk mengurus di Kelurahan dan waktu lainnya untuk mengurus di Kecamatan.

Jika ingin lebih mudah dalam pengurusannya, cobalah gunakan jasaberkah.com dan penawarannya dalam mendirikan UD. Pastinya akan jauh lebih hemat tenaga dan waktu anda yang berharga.

2. Proses Penerbitan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama UD atau Pemilik Sendiri

Cara mendirikan UD Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kediri berikutnya akan berkaitan dengan pengurusan kewajiban pajak dari badan usaha anda nantinya. Karena sudah resmi menjadi sebuah badan usaha UD, tentu apapun jenis usaha dan bisnis anda kini memiliki tanggung jawab mengenai berapa besar pajak yang harus dibayarkan ke negara dari hasil usaha anda.

Sebelumnya jika belum terdaftar sebagai badan usaha yang resmi, mungkin kelalaian membayar pajak ini akan sering anda lakukan.Khususnya karena anda tidak mengetahui berapa besar pajak yang harus anda bayarkan.

Namun sebagai warga negara yang baik, pajak usaha anda berapapun besarnya harus dibayarkan. Walaupun usaha anda hanya golongan kecil menengah, membayar pajak adalah bentuk tanggung jawab yang akan mendatangkan kepercayaan dari pengguna jasa/ barang usaha dagang anda.

Terkait bagaimana proses pembuatannya, tentu anda sudah tidak asing lagi bukan dengan proses pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) pribadi? Prosesnya itu tidak berbeda jauh dengan pembuatan NPWP UD anda ini.

Akan terbit NPWP dengan nama anda sebagai pemilik suatu UD, lengkap dengan berapa besar pajak yang harus anda bayarkan dengan disiplin. Dengan begitu UD anda menjadi memiliki catatan pembayaran pajak yang baik.

Proses pengajuan NPWP ini membutuhkan anda membawa SKDP sebelumnya, karena akan diurus di kantor pajak yang sesuai dengan domisili UD anda. Selain membawa berkas persyaratan, anda juga harus mengisi formulir pengajuan nantinya.

Tidak ada biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan NPWP ini. Namun siapkan waktu yang cukup untuk bisa mendapatkan NPWP langsung.

Namun anda juga bisa menggunakan layanan jasa cara mendirikan UD dari jasaberkah.com untuk lebih memudahkan. Prosesnya cepat dan harganya pasti terjangkau untuk anda. Jadi ayo segera hubungi kami ya!

3. Proses Pembuatan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) untuk Perseorangan

Lanjut ke cara mendirikan UD selanjutnya yang berkaitan SIUP untuk perseroangan. Memang sesuai peraturan menteri perdagangan di Nomor 46/M-DAG/PER/9/2009, badan usaha perseorangan seperti UD tidak wajib memiliki Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP).

Namun jika sudah memiliki SIUP keuntungan yang akan didapatkan oleh UD akan berbeda dengan yang tidak memiliki SIUP. Itulah mengapa pada bagian ini akan direkomendasikan anda untuk membuat SIUP bagi badan usaha UD anda sekalipun.

Proses pembuatannya dilakukan di kantor kecamatan. Tidak banyak persyaratan yang harus anda siapkan. Namun silahkan siapkan beberapa dokumen legalitas yang dimiliki UD anda, seperti SKDP dan NPWP sebelumnya.

Jika sudah, datangilah kantor Kecamatan sesuai domisili UD anda dan isi formulir pengajuan pembuatan SIUP tadi. Seluruh prosesnya akan dilakukan di kantor kecamatan dalam waktu minimal 1 hari.

Artinya, anda tidak disarankan untuk menunggu proses pembuatan SIUP jadi dalam satu hari. Anda harus datang kembali di hari berikutnya untuk mengambil hasil SIUP yang sudah jadi. Hal ini yang mungkin terasa menyulitkan bagi anda yang juga bekerja.

Tidak mudah untuk mendapatkan izin berkali-kali untuk mengurus SIUP ke Kecamatan. Itulah gunanya anda menggunakan jasa pengurusan cara mendirikan UD yang banyak ditawarkan saat ini. Termasuk juga ditawarkan oleh kami jasaberkah.com.

Biaya penawaran jasa pengursan UD dari jasaberkah.com sangat terjangkau. Anda tidak perlu repot-repot mencari izin untuk mengurus sendiri lagi semua prosesnya. Waktu dan tenaga anda bisa disimpan untuk pekerjaan lain dan biarkan pendirian UD usaha anda selesai dengan mudah menggunakan jasaberkah.com. Pastinya tidak akan mengecewakan dan memang sudah banyak klien yang menggunakan jasa yang ditawarkan ini.

4. Proses Pendaftaran Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Jika Sudah Terbit SIUP

Tahap terakhir dalam cara mendirikan UD Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kediri adalah proses pendaftaran Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Sifat dari proses pendaftaran TDP ini pun awalnya tidak wajib.

Namun jika sudah memulai proses pembuatan SIUP sebelumnya, mau tidak mau anda pun harus mendaftarkan TDP. Lain ceritanya jika anda tidak membuat SIUP untuk Perseorangan UD anda sebelumnya, maka TDP pun tidak perlu didaftarkan.

Peraturan hukum terkait pendaftaran TDP jika sudah memiliki SIUP ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 3 tahun 1982 mengenai Wajib Daftar Perusahaan. Jadi jika sejak awal sudah memutuskan ingin membuat SIUP, anda pun harus siap dalam proses pembuatan TDP ini nantinya.

Pastinya akan semakin banyak waktu yang perlu disediakan untuk mengurus keduanya bukan. Namun sebenarnya proses pendaftaran TDP tidak serumit itu.

Anda bisa memulai proses pendafaran TDP dengan mendatangi kantor walikota di mana domisili UD anda dahulu. Jika domisili UD anda ada di Surabaya, maka datangi kantor walikota Surabaya dan begitu juga untuk berbagai daerah lainnya. Ada bagian khusus di kantor walikota yang akan menerima pengajuan pendaftaran TDP dari UD anda ini.

Segala berkas yang berkaitan dengan legalitas UD anda harus dilampirkan fotokopinya. Anda hanya perlu mengisi formulir yang disediakan di sana dan menunggu proses jadinya. Jika pengajuan tidak terlalu padat, bisa saja TDP ini langsung jadi.

Namun lebih sering anda diminta untuk datang di hari berikutnya saja. Biaya pembuatannya gratis. Namun jika anda menggunakan jasaberkah.com seluruh prosesnya hingga ke TDP akan dibantu.

Jadi anda tidak perlu menyediakan waktu luang lagi untuk pengurusannya. Silahkan ajukan dan dalam waktu singkat UD anda akan sudah resmi dan siap menjalankan tugas perdagangan dan industrinya.

Secara terpisah, berikut ini beberapa dokumen yang harus anda siapkan karena akan diminta selama proses mendirikan UD di berbagai tahapannya. Jadi mulai dengan menyusun berbagai syarat ini terlebih dahulu, sebelum memulai tahapan-tahapan pendirian UD yang sudah dijelaskan di atas ya. Berikut ini daftar persyaratannya:
- Fotokopi Elektronik KTP (E-KTP) Pendiri/ Pemilik UD
- Fotokopi NPWP Pribadi yang Aktif dari Pendiri/ Pemilik UD
- Fotokopi Kartu Keluarga Pendiri/ Pemilik UD
- Informasi Lengkap Terkait Nama UD, Lokasi UD, dan Penjelasan Singkat Bidang Usaha UD

Seluruh proses dari cara mendirikan UD Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kediri ini jika dilakukan sendiri mungkin akan memakan waktu hingga 1 bulan. Namun dengan menggunakan jasaberkah.com, prosesnya bisa hanya dalam satu minggu, usaha anda sudah resmi menjadi sebuah UD. Jadi jika membutuhkan, silahkan gunakan penawaran jasa kami di jasaberkah.com ya.


Kesimpulan

Itulah tadi seluruh informasi yang bisa dikumpulkan terkait cara mendirikan UD di Surabaya dan cara mendirikan UD itu di beberapa daerah, khususnya di kota-kota di Jawa Timur. Kini anda sudah mengetahui juga bagaimana proses pendirian UD ini memang tidak semudah penjelasannya.

Akan ada banyak waktu yang harus disediakan untuk bisa mengubah usaha yang dimiliki menjadi badan usaha resmi seperti UD. Namun tidak masalah, karena jasaberkah.com siap membantu anda

Seluruh proses mendirikan UD bisa ditangani oleh jasaberkah.com dengan cepat dan terpercaya. Anda tidak perlu repot-repot lagi mencari waktu kosong. Hanya perlu paling lambat waktu 14-30 hari, UD anda sudah selesai didirikan dan kini usaha yang anda miliki menjadi semakin terpercaya

Sudah tidak sabar ingin mendirikan UD sendiri? Ayo hubungi kami segera untuk mendapatkan penawaran jasa menarik dengan harga ramah di kantong.

Penting juga bagi Anda untuk tahu Cara Mendirikan PT di Sidoarjo dan Syarat Mendirikan CV di tahun 2019.